Inilah Rahasia Mengapa Sunnah Berbuka Puasa Dengan Kurma

Manfaat KurmaSeluruh umat muslim sedunia telah menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan tahun ini.

Ibadah yang ditunggu-tunggu dan dianggap merupakan bulan paling istimewa dibanding bulan lainnya bagi umat muslim seluruh dunia. Karena didalamnya banyak ditemukan pahala dan ampunan dari Allah.

Namun dalam berpuasa tentu tidak terlepas dari namnya buka puasa. Aktifitas ini merupakan pembatalan puasa saat waktu memasuki fajar terbenam.

Untuk itu ada kajian penting bagi umat muslim ketika berbuka puasa.

Dilansir Islampos.com bahwa  kita dituntut untuk berbuka dengan yang manis terlebih dahulu supaya pencernaan kita tidak langsung kaget dengan makanan berat dan untuk mengganti energi yang hilang selama kita berpuasa.

Membatalkan puasa dengan buah kurma dan berdoa sebelum berbuka puasa adalah tuntunan yang tercantum dalam sebuah hadist. ”Rasulullah akan berbuka puasa dengan buah kurma segar yang telah masak sebelum kemudian melanjutkan dengan sholat. Jika kurma segar tidak tersedia, Beliau akan makan kurma kering. Jika kurma kering juga tidak tersedia, maka Beliau akan meminum air.”

Lantas mengapa berbuka puasa harus dengan kurma? Apa alasan medisnya sehingga dunia kedokteran barat juga sangat menyarankannya?

Sebarkan Kebaikan Sekarang

Pages:

loading...

Santri Admin

Santri Admin has written 847 articles

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>