Anak Yatim Sudah Baligh

Assalamu’alaikum. Ustadz saya mau tanya. Anak yang ditinggal orang tuanya meninggal itu kan di katakan anak yatim. Yang saya tanyakan, apa anak yang suda dewasa itu di katakan anak yatim? Kira-kira sampai umur berapakah ? Atas jwbanya saya ucapkan terimakasih. Wassalam.

Imam

Sumatera Selatan

 

JAWAB

Anak yatim adalah anak kecil belum baligh yang ditinggal mati oleh bapaknya. Sedangkan anak kecil yang ditinggal mati ibunya, disebut “ munqithi’ ”, dan yang ditinggal keduanya, disebut “l athim ” . Adapun yang sudah berusia baligh, maka tidak dapat disebut sebagai yatim. Rasulullah bersabda:

لَا يُتْمَ بَعْدَ احْتِلَامٍ . رَوَاهُ أَبُو دَاوُد

“Tidak ada yatim setelah baligh”. HR.Abu Dawud.

Lihat: Tuhfatu al-habib juz. lV hal. 270.

Sebarkan Kebaikan Sekarang
loading...

Avatar

Konsultasi Sunsal has written 134 articles

Grup KONSULTASI FIQIH UMUM & KEWANITAAN berusaha untuk menjawab permasalahan-permasalahan fiqhiyyah berdasarkan kitab-kitab yang mu`tabar dalam ahlus sunnah wal jama`ah. Dalam setiap jawaban selalu dicantumkan ibarat lengkap dari kitab yang bersangkutan dengan pertanyaan yang ada.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>