Siapakah perempuan yang Mahrom denganmu?

Jika Anda Adalah Seorang LAKI-LAKI, Maka MAHROM Anda, (Orang yang harom untuk kita nikahi dan Boleh bersalaman) Ada 18, dengan perincian sebagai berikut:

NO SEBAB NASAB SEBAB PERSUSUAN SEBAB PERNIKAHAN
Ibu ke atas (Ibu, Nenek dst.) Ibu Mertua Perempuan (Ibu mertua)
Anak Perempuan ke bawah (Anak, cucu, dst.) Anak perempuan Menantu Perempuan
Saudara Perempuan Saudara Perempuan Istri Ayah (Ibu Tiri)
Bibi dari Ayah (Saudara Ayah) Bibi dari Ayah Anak Perempuan Tiri (Jika laki-laki tersebut sudah melakukan hubungan dengan ibunya)
Bibi dari Ibu (Saudara Ibu) Bibi dari Ibu
Keponakan dari Saudara Laki-Laki Keponakan dari Saudara Laki-Laki  
Keponakan dari Saudara perempuan Keponakan dari Saudara perempuan  

 

TANBIIH!!!

  • Marilah kita rayakan hari yang suci ini dengan saling memaafkan satu sama lain dan bersalaman dengan orang yang boleh untuk kita salami.
  • Jangan kita nodai hari yang suci ini dengan melakukan Salaman Liar (bersalaman dengan lawan jenis yang bukan mahrom), karena itu merupakan hal yang dilarang oleh syariat.
  • Orang-orang lawan jenis seperti KAKAK IPAR, SEPUPU, ISTRI PAMAN, DAN IBU ANGKAT DSB ,   adalah BUKAN MAHROM KITA, jadi janganlah kita bersalaman dengan mereka.
  • Semoga himbauan ini bermanfaat sehingga pada Idul Fitri ini kita benar-benar terbebas dari maksiat dan kali ini benar-benar menjadi Idul Fitri yang layak untuk kita rayakan.
Sebarkan Kebaikan Sekarang
loading...

Avatar

Konsultasi Sunsal has written 134 articles

Grup KONSULTASI FIQIH UMUM & KEWANITAAN berusaha untuk menjawab permasalahan-permasalahan fiqhiyyah berdasarkan kitab-kitab yang mu`tabar dalam ahlus sunnah wal jama`ah. Dalam setiap jawaban selalu dicantumkan ibarat lengkap dari kitab yang bersangkutan dengan pertanyaan yang ada.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>