253 articles Kewanitaan Page 4 / 26

3174. LAIN LAIN : HUKUM MEMOTONG DAN MENCUKUR RAMBUT BAGI WANITA

PERTANYAAN : Najih Ibn Abdil Hameed Bagaimanakah hukum memotong/ mencukur rambut bagi wanita? JAWABAN : 1. Ummi Af-idah Sedikit saya pernah baca:imam Ibnu hajar bahwa memotong rambut bagi wanita adalah haram apabila tidak dalam darurat تنبيه : كما يحرم على المرأة الزيادة في شعر رأسها يحرم عليها حلق شعر رأسها بغير ضرورة ، وقد أخرج الطبري من…

Sebarkan Kebaikan Sekarang

3169. NIKAH : APAKAH MENOLAK PERJODOHAN ORANG TUA ITU DURHAKA ?

PERTANYAAN : Permisi, numpang tanya Melawan perintah Ortu kan dosa ? lantas jika menolak dijodohkan itu bagaimana ? Sedangkan seorang Anak PuNya Hak Untuk MenoLak. [ Putri Ratna IL ] JAWABAN : > Saifuddin Wong Kawool Tulungagung  Seorang anak (dengan syarat tertentu) berhak menolak namun tidak punya hak melawan orang tua, jadi jika Anda (seorang perawan) menolak…

Sebarkan Kebaikan Sekarang

3140. UMUR WANITA BERHENTI HAID

PERTANYAAN  Ishaq Nuruddin Assalamualaikum warohmatulloh.. sampai umur berapakah seorang perempuan tidsk akan haid/ datang bulan lagi : 50 thn keatas apa 60 thn ke atas ? terima kasih. JAWABAN : 1. Zanzanti Yanti Andeslo  Wa alaikumus salaam warohmatulloh, ini kmrn dr gus ical  wanita normal usia menopause antara 50-60 th sblm haidl berhanti total,jika pd usia 58 thn…

Sebarkan Kebaikan Sekarang

3137. ALASAN HAID TIDAK MEWAJIBKAN QODHO’ SHOLAT

PERTANYAAN  Shiefan Setthong Assalamu ‘alaikum, saya mau bertanya, Sholat dan puasa itu wajib kiat kerjakan,yang jadi pertanyaannya, kenapa wanita yang lagi haid di bulan puasa hanya mengantikan puasanya saja, sementara sholatnya tidak, padahal it sama wajibnyakan. tolong di jawab. JAWABAN : 1. Alvin Hadi wa alaikumus salaam warohmatulloh, ini berdasarkan hadits dari sayyidah ‘Aisyah.. hikmahnya adalah,bila sholat yg berulang”…

Sebarkan Kebaikan Sekarang

3132. WANITA : HUKUM TIDUR TELENTANG

PERTANYAAN : Syd Agiel السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Para kyai..apa bener kalau perempuan itu tidur terlentang bisa di jima’ oleh bangsa jin.afwan klau pertanyaan tidak sopan,karena ad seorang ustadz pernah ceramah dan menyampaikan hal itu…afwan… JAWABAN : > Ghufron Bkl Waalaikum salam warohmatullohi wabarokatuh. Wanita tidur dgn telentang hukumnya makruh : اعانة الطالبين:(تنبيه) يسن إيقاظ…

Sebarkan Kebaikan Sekarang

3121. HUKUM MENJAWAB SALAM TAMU KETIKA SUAMI TIDAK BERADA DI RUMAH

PERTANYAAN Fuji Yati Abadie  بسم الله الرحمن الرحيم  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  Suami sy sedang di luar rumah,tiba2 ada tamu d’luar(temen suami) ucap salam,apa yg hrs sy lkukan? Sy dr dalam hrs mnjwb salam atau diam sja ? والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته JAWABAN ===> Kudung Khantil Harsandi Muhammad MEMBERI DAN MENJAWAB SALAM KEPADA…

Sebarkan Kebaikan Sekarang

3099. LAIN LAIN : HUKUM BERDESAKAN DENGAN NON MAHROM DI ANGKUTAN UMUM

PERTANYAAN : Adi Sandis Si Kambrat asssalamu’alaikum, Aku mau nanya gimana hukumnya laki laki dan perempuan bercampur dan berdesak-desakan dalam bis yang penumpangnya full ? JAWABAN : 1. Ghufron Bkl  Wa alaikumus salaam warohmatulloh, menurut keterangan yang ada dalam kitab Al Majmu’ klo tidak terjadi kholwat tidak harom, sedangkan menurt keterangan yngg ada dalam kitab Is’adur Rofiq berdesakkan/ihthilath hukumnya…

Sebarkan Kebaikan Sekarang

3011. ADA SEMUT MASUK KE DALAM KEMALUAN, BATALKAH SHALATNYA ?

PERTANYAAN : Assalamualaikum, seperti biasa, saya menerima titipan .Ustadz : Bagaimana ketika seorang wanita sedang sholat ada semut yang masuk kemaluannya. Kalau dia mengeluarkannya batal sholatnya, tapi ketika dibiarkan sangat menggangu. Pertanyaan : Apa dibatalkan apa diteruskan sholatnya ? Kalau semut itu masuk dan keluar lagi batalkah sholat dan wuduknya ? [ Rampak Naung ] JAWABAN : >…

Sebarkan Kebaikan Sekarang

3008. KEBOLEHAN WANITA AWAM MENAWARKAN DIRI UNTUK DINIKAHI ORANG SHOLEH

PERTANYAAN : Assalamu’alaikum. Mohon maaf saya langsung post disini, kemarin ada temen bilang kata ne kalo wanita awam menawarkan diri untuk d nikahkan sama seorang ustad boleh ya … [Zanzanti Yanti Andeslo ] JAWABAN : > Hariz Jaya  Pada zaman Rasulullah, wanita muslimah terbiasa menawarkan dirinya untuk dinikahi oleh laki-laki yang shaleh. Namun untuk menghindari fitnah, sebaiknya…

Sebarkan Kebaikan Sekarang

3003. HUKUM MEMEGANG HIDUNG BUKAN MAHROM

PERTANYAAN : Assalamu’alaikum. Mau nanya ini kalo berjabat tangan lawan jenis n bkn mahrom kn gak boleh ya …. nah kalo megang hidung nya boleh gak ? [ Zanzanti Yanti Andeslo ] JAWABAN : > Ical Rizaldysantrialit  Betul. Sebenarnya bukan masalah jabat tangannya, tapi bersentuhan kulitnya., PANDANGAN ULAMA Imam an-Nawawi berkata :  ﺃﻥ ﻛﻼﻡ ﺍﻷﺟﻨﺒﻴﺔ ﻳﺒﺎﺡ ﺳﻤﺎﻋﻪ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺤﺎﺟﺔ ﻭﺃﻥ…

Sebarkan Kebaikan Sekarang