Penghuni Al-A’raf

Assalamu’alaikum ustadz. Antara surga dan neraka ada Al-A’raf. Siapakah yang menempatinya? Syukron katsir.

Uswatun Chasanah

Pasururan

 

 

Jawab

Allah swt berfirman:

 

Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada batas; dan di atas A’raaf itu ada orang-orang yang mengenal masing-masing dari dua golongan itu dengan tanda-tanda mereka. dan mereka menyeru penduduk surga: “Salaamun ‘alaikum”. Mereka belum lagi memasukinya, sedang mereka ingin segera (memasukinya).

Para ulama ahli tafsir berbeda pendapat mengenai siapa yang dimaksud dengan orang-orang yang berada di A’raf itu. Setidaknya ada tiga belas pendapat para ahli tafsir. Disini akan saya sebutkan satu diantaranya. Menurut pendapat Ibnu Abbas, Ibnu MAs’ud dan yang lainnya, yang dimaksud dengan penghuni A’raf adalah orang-orang yang seimbang antara perbuatan baik dan buruknya. Pendapat ini berdasarkan hadits:

عن جابر بن عبد الله قال, قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: تُوضع الموازين يوم القيامة فتُوزن الحسنات والسيئات فمن رجحت حسناته على سيئاته مثقال صُؤابة دخل الجنة ومن رجحت سيئاته على حسناته مثقال صؤابة دخل النار. قيل: يا رسول الله، فمن ٱستوت حسناته وسيئاته؟ قال: أولئك أصحاب الأعراف لم يدخلوها وهم يطمعون . رواه خيثمة بن سليمان

Dari jabir bin Abdillah berkata: Rasulullah saw bersabda: Pada hari kiamat diletakkan beberapa timbangan. Lalu semua perbuatan baik dan perbuatan buruk ditimbang. Maka,barang siapa yang lebih unggul amal baiknya meskipun selisih berat telor kutu akan masuk sorga. Dan barang siapa yang lebih unggul pernuatan buruknya,meskipun selisih berat telor kutu akan masuk neraka. Kemudian ditanya kan kepada Rasululah saw: Bagaimana dengan orang yang seimbang antara perbuatan baik dan buruknya? Rasulullah saw menjawab: Orang-orang itu adalah penghuni A’raf. Mereka belum memasukinya sedang mereka ingin memasukinya. HR. Khoytsamah bin sulaiman.

Lihat: Hasyiyah al-showi ‘ala Tafsir al-Jalalain juz ll hal. 75-76, Tafsir Al-Qurthubi juz Vll hal. 211.

Sebarkan Kebaikan Sekarang
loading...

Avatar

Konsultasi Sunsal has written 134 articles

Grup KONSULTASI FIQIH UMUM & KEWANITAAN berusaha untuk menjawab permasalahan-permasalahan fiqhiyyah berdasarkan kitab-kitab yang mu`tabar dalam ahlus sunnah wal jama`ah. Dalam setiap jawaban selalu dicantumkan ibarat lengkap dari kitab yang bersangkutan dengan pertanyaan yang ada.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>