Gerhana Matahari Pertanda Apa?

images

Ketika Sayid Ibrahim, putra Rasulullah saw, meninggal dunia, terjadilah gerhana matahari. Maka, orang-orang berkata, “Gerhana matahari terjadi karena wafatnya Ibrahim.” Syahdan, Rasulullah saw keluar dan bersabda, “Saudara-Saudara, matahari dan bulan tidaklah gerhana karena kematian atau kehidupan seseorang. Tapi, keduanya merupakan tanda kekuasaan Allah. Maka, jika terjadi gerhana lakukan salat hingga gerhana itu sembuh.” (HR at-Thayalisi dari Mughirah bin Syu’bah)

لما مات إبراهيم ابن رسول الله صلى الله عليه وسلم انكسفت الشمس فقال الناس: انكسفت الشمس لموت إبراهيم فخرج رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: «يا أيها الناس إن الشمس والقمر لا ينكسفان لموت أحد ولا لحياته ولكنهما آيتان من آيات الله عز وجل فإذا كان ذلك فصلوا حتى تنجلي»

Ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan dari Hadis ini:

1. Islam melarang keras mitos. Rasulullah saw menolak keras ketika gerhana matahari dikait-kaitkan dengan wafatnya putra beliau. Gerhana matahari harus dipahami sebagai fenomena alam yang sudah menjadi sunnatullah.

2. Islam mendorong umatnya untuk kembali kepada Allah dalam hal apapun, sehingga ketika ada momen-momen seperti gerhana, diperintahkan untuk salat dan beribadah kepada Allah. Adanya anjuran salat ini bukan karena ada sesuatu yang ‘aneh’ tapi karena perubahan fenomema alam seharusnya membuat kita mengingat kemahakuasaan Allah.

3. Sangat baik, jika ‘hilangnya’ sinar matahari untuk sementara waktu dijadikan sebagai inspirasi untuk mengingat huru-hara menjelang Kiamat, yaitu ketika matahari terbit dari barat, tidak seperti biasanya. Sehingga, dengan demikian kita segera bertobat dari berbagai kecerobohan dan kelalaian kita selama ini.

Sebarkan Kebaikan Sekarang
loading...

Santri Admin

Santri Admin has written 845 articles

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>