Kisah Teladan Sang Dermawan

KISAH TELADAN TENTANG BALAS BUDI DAN KEDERMAWANAN

Diceritakan bahwa suatu ketika Sayyidina Hasan dan Husein cucuk Nabi SAW melakukan perjalanan bersama sahabat Nabi yang bernama Abdullah bin Ja’far, kemudian mereka singgah dirumah seorang wanita di suatu perkampungan..

Subhanallah, rupanya wanita tersebut sangat memuliakan para tamu yang singgah ke rumahnya, dia memotong seekor kambing demi menjamu mereka. Singkat cerita, setelah usai menikmati hidangan, mereka berkata: “wahai ibu..bila engkau suatu saat datang ke kota madinah maka singgahlah ke rumah kami.” lalu mereka pergi .

Saat suaminya datang, dia bertanya, mana kambing kita? wanita tersebut kemudian menceritakan apa yg telah terjadi.. sang suami pun marah; “kenapa harus begitu, kita kan tidak kenal mereka!?”

Beberapa tahun berikutnya, terjadi musim paceklik didaerah kampung wanita tersebut, maka dia pergi ke kota madinah untuk suatu hajat. saat di pasar, sayyiidina Husein melihatnya..dia langsung ingat dan menyapanya, “wahai ibu.. apakah ibu tidak ingat saya? mungkin ibu memang lupa.. tapi saya tidak melupakan ibu..saya ini salah satu dari tiga orang yang dulu pernah singgah dirumah ibu dan saat itu ibu sangat memuliakan kami.. mari ibu ikut saya, ajaknya.”

Setelah sampai di rumah, sayyidina Husein memberinya hadiah 1000 ekor kambing dan 1000 dinar. lalu si wanita tersebut diminta singgah kerumah sayyidina Hasan, setelah tau kisahnya maka sayyidina Hasan memberinya hadiah yang sama, 1000 kambing dan 1000 dinar. kemudian sang ibu diminta singgah dirumah Abdullah bin Ja’far,.yang masih kerabat Nabi SAW.. dia berkata: “wahai ibu, berapa yang engkau terima dari hasan dan husen? sang ibu menjawab apa adanya. maka beliau berkata: “kalau begitu aku akan memberi ibu lebih dari itu”. ternyata dia memberi dua kali lipat, yaitu 2000 kambing dan 2000 dinar..
Akhirnya waniata tersebut pulang ke kampung dalam keadaan sudah kaya ..

Alllah Akbar..
Begitulah keteladanan dalam kedermawanan yang dicontohkan oleh keluarga nabi SAW..
Semoga kita semua bisa meneladani Akhlaq mereka.. Aamiin Ya Rab…

Sebarkan Kebaikan Sekarang
loading...

ustadz Salim Al Haddar

ustadz Salim Al Haddar has written 22 articles

Alumni UIN Malang Jurusan Tarbiyah Islamiyah, kemudian Nyantri di Pondok Anwarut Taufiq Batu dan Pondok Sunsal Pasuruan

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>