4 Hal Yang Merusak Amal Anda

SAYANGI AMAL ANDA

sifat riya

Rasulullah SAW pernah menjelaskan bahwa ada orang yang mengerjakan semua perbuatan wajib dan meninggalkan semua perbuatan haram lalu masuk surga. Beliau juga pernah menyampaikan bahwa ada orang yang mengumpulkan pundi-pundi pahala selama hidup di dunia ternyata dia menjadi orang paling bangkrut dan rugi di akhirat.

Itulah mengapa kita perlu menjaga amalan kita supaya tidak hangus di akhirat nanti. Ada banyak hal yang bisa membuat amalan seseorang hangus:

1. Riya’ dan Sum’ah

Jika seseorang melakukan amal shalih hanya dengan tujuan supaya dilihat atau didengar oleh orang lain, hanguslah amalannya. Syarat diterimanya amal selain benar harus ikhlas karena Allah semata.

2. Hasad

Hadits Nabi, “Jauhilah hasad karena ia akan memakan kebaikan seperti api memakan kayu bakar.”

3. Ujub

Jika seseorang melakukan amal shalih lalu merasa bangga diri dengan amalannya dan meremehkan orang lain, itulah yang dinamakan ujub. Hadits Nabi, “Tiga penghancur yaitu: kikir yang dipelihara, hawa nafsu yang dituruti dan ujub.”

4. Zalim

Hadits Nabi bahwa orang yang bangkrut adalah orang yang membawa pahala amal shalih selama di dunia tapi ia banyak menzalimi orang lain, maka pahalanya akan diberikan kepada pihak yang terzalimi sampai pahalanya habis dan dibebankan kepadanya dosa-dosa mereka semua.

Sebarkan Kebaikan Sekarang
loading...

Santri Admin

Santri Admin has written 835 articles

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>