Shalat Ko Masih Suka Maksiat?

Salah satu fungsi ibadah shalat adalah mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar ( maksiat ). Allah SWT berfirman:

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

 Sungguh, sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. (QS al Ankabut: 45)

Akan tetapi banyak orang yang mengerjakan shalat tapi tetap bermaksiat ? Padahal ada ancaman besar bagi mereka yang shalatnya demikian.
Nabi Muhammad SAW bersabda

” Siapa orang shalatnya tidak bisa mencegah dia dari perbuatan keji dan mungkar maka shalatnya tidak menambah apa pun kecuali jauhnya dari Allah SWT.”

Ini adalah ancaman bagi orang yang melaksanakan shalat tetapi tidak khusyu, maka bagaimana dengan ancaman bagi orang yang tidak shalat sama sekali?
Apakah sebab shalat kita tidak dapat mencegah dari kemunkaran?

Imam Ghozali ra mengatakan :

” Shalatnya orang yang lalai, tidak khusyuk, hatinya tidak hadir maka shalatnya tidak bisa mencegah dia dari perbuatan keji dan mungkar.”

Walhasil, shalat yang bisa mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar ( maksiat ) adalah shalatnya orang yang hati hadir, khusyuk, merenungi ayat-ayat al Qur’an yang dia baca di dalam shalatnya dan mengagungkan Dzat yang ia berdiri dihadapannya, yaitu Allah SWT.

Semoga Allah SWT memberikan kita kemampuan untuk melaksanakan shalat dengann khusyu’. Aamiinn

Wallahu a’lam

♻ Jangan Lupa share

Sebarkan Kebaikan Sekarang
loading...

Ustadz Ja'fu Al Haddar

Ustadz Ja'fu Al Haddar has written 41 articles

Pendidikan : thn 2004-2006 di darullugho waddakwah raci pasuruan yang diiasuh hb.zainal abidin bin hasan baharun, dan thn 2006-2011 di sunniyah salafiyah pasuruan yang diasuh hb.taufiq bin abdul kadir assegaf, lulus jurusan lugho.

Kegiatan : pengajar tetap di pondok sunniyah salafiyah, menjadi ketua bidang sarana dan prasarana yayasan sunniyah salafiyah, pengajian rutin tiap malam minggu di masjid segaf pasuruan, tiap malam rabu d salah satu desa dikota pasuruan winongan, tiap bulan pengisi pengajian dimajlis manaqiban syech abdul kadir al-jailani.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>