Nabi Adam Dan Nabi Muhammad SAW. Siapa Lebih Utama?

Nabi Adam Dan Nabi Muhammad SAW. Siapa Lebih Utama?

Sebagian orang mengira Nabi Adam lebih utama daripada Rasulullah Saw. karena para malaikat diperintahkan oleh Allah swt untuk sujud kepada Nabi Adam dan tidak diperintah sujud kepada Nabi Muhammad saw.

Kami menjawab.

1- Sujudnya para malaikat kepada Nabi Adam tidak bisa dijadikan dasar untuk pengunggulan Nabi Adam atas Nabi Muhammad saw dengan dalil sabda Nabi Muhammad saw “Adam dan semua makhluk setelahnya di bawah naungan benderaku nanti di hari kiamat.”

2- Sebelum Allah swt memerintahkan para malaikat bersholawat kepada Nabi Muhammd saw Allah swt terlebih dahulu bersholawat kepada Nabi Muhammad saw, maka ini lebih hebat dari pada sujudnya para malaikat kepada Nabi Adam.

3- Allah swt memerintahkan para malaikat sujud kepada Nabi Adam itu karena adab, lain halnya ketika Allah swt memerintahkan para malaikat untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad saw, itu karena ibadah.

4- Sholawat para malaikat kepada Nabi Muhammad saw bukan sekali aja akan tetapi terus sampai hari kiamat. Adapun sujudnya para malaikat kepada Nabi Adam itu dilakukan sekali aja.

5- Sesungguhnya yang sujud kepada Nabi Adam adalah hanya para malaikat Allah swt, Sedangkan yang bersholawat kepada Nabi Muhammad saw adalah Allah swt kemudian Allah swt memerintahkan para malaikat-Nya dan hamba-hamba-Nya yang beriman.

6- Para malaikat diperintahkan oleh Allah swt untuk sujud kepada Nabi Adam karena ada NUR Nabi Muhammad saw di dahi Nabi Adam.

Mudah-mudahan bermanfaat.
Wallahu a’lam.

( jawahirul-bihar.hal.159 )

Sebarkan Kebaikan Sekarang
loading...

Ustadz Ja'fu Al Haddar

Ustadz Ja'fu Al Haddar has written 38 articles

Pendidikan : thn 2004-2006 di darullugho waddakwah raci pasuruan yang diiasuh hb.zainal abidin bin hasan baharun, dan thn 2006-2011 di sunniyah salafiyah pasuruan yang diasuh hb.taufiq bin abdul kadir assegaf, lulus jurusan lugho.

Kegiatan : pengajar tetap di pondok sunniyah salafiyah, menjadi ketua bidang sarana dan prasarana yayasan sunniyah salafiyah, pengajian rutin tiap malam minggu di masjid segaf pasuruan, tiap malam rabu d salah satu desa dikota pasuruan winongan, tiap bulan pengisi pengajian dimajlis manaqiban syech abdul kadir al-jailani.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>