1785. TURUNNYA AL QUR’AN PADA MALAM LAILATUL QADR

PERTANYAAN :

Bocah Kecil
assalaamu ‘alaikum
saya ingin tanya mengenai malam lailatul qadr, dalam surat Al~Qadr, ALLAH berfirman bahwa malam qadr adalah malam turunya Quraan, sedangkan turunnya Quraan sendiri adalah secara berangsur~angsur selama kurang lebih 23 tahun, ada yang diturunkan siang hari ada yang malam hari (menurut saya ini). Tolong penjelasannya, terima kasih.

JAWABAN :

>> Masaji Antoro
Wa’alaikumsalam
Yang dimaksud “diturunkan pada malam Lailatul Qadr” adalah al-Quran 30 Juz secara keseluruhan dilangit dunia yang kemudian diturunkan secara berangsur-angsur oleh malaikat Jibril pada Nabi Muhammad SAW sesuai kondisi yang dibutuhkan selama 20/21 tahun.

{إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ} [القدر : 1]. وفي هذا دليل على أن ليلة القدر إنما تكون في رمضان لا في غيره. ولا خلاف أن القرآن أنزل من اللوح المحفوظ ليلة القدر – على ما بيناه – جملة واحدة ، فوضع في بيت العزة في سماء الدنيا ، ثم كان جبريل صلى اللّه عليه وسلم ينزل به نجما نجما في الأوامر والنواهي والأسباب ، وذلك في عشرين سنة. وقال ابن عباس : أنزل القرآن من اللوح المحفوظ جملة واحدة إلى الكتبة في سماء الدنيا ، ثم أنزل به جبريل عليه السلام نجوما – يعني الآية والآيتين – في أوقات مختلفة في إحدى وعشرين سنة.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan.”(QS. 97:1)

Dalam ayat ini menunjukkan bahwa malam Lailatul Qadr hanya terdapat pada bulan Ramadhan tidak terdapat pada bulan lainnya, dan tidak terdapat perbedaan pendapat antara Ulama bahwa al-Quran secara keseluruhan diturunkan oleh Allah dimalam tersebut kemudian diletakkan di tempat ‘Izzah (keluhuran) pada langit dunia dan kemudian Malaikat Jibril As. Menurunkannya pada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur sesuai kondisi baik yang terkait dengan segala perintah, larangan atau sebab-sebab lainnya selama dua puluh tahun.

Ibn Abbas Ra berkata “Al-Quran yang mulia diturunkan secara keseluruhan diturunkan oleh Allah dimalam Lailatul Qadr pada langit dunia dan kemudian Malaikat Jibril As. Menurunkannya pada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur pada waktu yang berbeda-beda selama dua puluh satu tahun.
Al-Jaami’ Li Ahkaam al-Quraan II/297

Link Asal >>
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/457391767616970/?comment_id=460500777306069&offset=0&total_comments=2

Sebarkan Kebaikan Sekarang
loading...

PISS-KTB

PISS-KTB has written 4222 articles

Group facebook ini bernama PUSTAKA ILMU SUNNI SALAFIYAH – KTB, selanjutnya disebut dengan PISS-KTB. KTB merupakan kependekan dari Kenapa Takut Bid’ah. Apa Beda PISS - KTB dibanding dengan grup yang lain yang juga punya visi - misi sama ?
silahkan Kontak kami

Comments

comments

One thought on “1785. TURUNNYA AL QUR’AN PADA MALAM LAILATUL QADR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>